TIPS MEMILIH VOER YANG BAIK



Para pecinta kicau mania pasti tidak pernah luput kaitannya dengan voer. Sebenarnya apakah perlu atau tidaknya voer untuk burung kita, disini perlu kita tegaskan lagi bahwa burung kita sebenarnya tidak memerlukan voer sama sekali. Ini dapat kita ketahui dengan performa burung antara yang memakan voer dengan yang menggunakan pakan alami burung. Tapi untuk kepraktisan dan kemudahan kita juga membutuhkan voer sebagai pelengkap dan juga memberi manfaat akan kandungan nutrisi, vitamin, mineral dan protein.  Berbagai jenis dan merk voer di pasaran akhir-akhir ini begitu banyak macamnya. Banyak saran, testimoni dalam memilih merk voer sebagai cara promosi atau penglaris yang belum tentu bagus buat burung kita. Soerti voer bagus buat burung A maka belum tentu bagus buat burung B. Namun di perlu saya tegaskan lagi kesalahan kicau mania, di sini sering beranggapan bahwa voer adalah makanan pokok dari burung dan serangga dan lain-lain dianggap sebagai extra food. Ini tentu saja berkaitan dengan kepentingan bisnis dari para pemilik merk dagang voer tadi. Kita sering melakukan kesalahan yaitu dengan memaksa burung supaya memakan makanan buatan seperti voer. Oleh karena itu kita harus bijak dalam penggunaan voer sebagai extra fooding pada burung kita.
Berbagai macam merk Voer dengan komposisi yang beragam dari harga yang mahal sampai murah tersedia di pasaran,namun kita tidak boleh beranggapan bahwa Voer yang mahal akan cocok dan bagus buat burung kita,Voer dengan harga yang mahal tidak bisa kita jadikan patokan akan kualitasnya yang pasti bagus.
Lalu bagaimanakah cara memilih voer yang bagus dan baik buat burung kita ?

Cara yang paling efektif memilih voer yang baik ialah dengan memperhatikan kandungan nitrisi (komposisi) lengkap yang tertera pada bungkus voer tersebut,dan yang pasti sudah lulus oleh pengujian klinis. Dalam voer terdapat berbagai macam kandungan vitamin dan mineral yang lengkap, di antaranya sebagai berikut *.Vitamin A
*.Vitamin C
*.Vitamin D3
*.Vitamin E
*.Vitamin B1
*.Vitamin B2
*.Vitamin B6
*.Vitamin B12
*.Vitamin K
*.Inocitol
*.Biotin
*.Niacin
*.Asam pantotenat
*.Kolin
*.metionin
Fungsi dari kandungan multivitamin di atas sangat bermanfaat bagi burung berkicau kesayangan anda.
Manfaatnya antara lain :

  1. Meningkatkan power burung saat berkicau. 
  2. Menjaga kesehatan burung berkicau agar tetap sehat dan fit.
  3. Membuat burung berkicau merasa senang dalam kesehariannya.
  4. Mencegah burung stress.

Lantas bagaimana kita mengetahui apakah burung menyukai Voer yang baru atau tidak bagaimana caranya, berikut saya jelaskan caranya :

  1. Caranya bisa dengan memberikan beberapa jenis Voer secara langsung pada wadah berbeda. 
  2. Amati Voer mana yang lebih banyak dimakan, yang utuh maupun yang hanya diacak-acak saja.
  3. Setelah kita tahu voer yang disukai burung kesayangan, kita pakai voer tersebut.
  4. Amati lagi perkembangannya dalam beberapa hari, apakah ada perubahan pada performa burung. Perlu diperhatikan disini adalah faktor makanan utama burung, seperti serangga atau buah-buahan kita buat konstan.
  5. Jika terjadi peningkatan performa kita lanjutkan pemakaian nerk voer tersebut.

Sedikit saran, hindari terlalu sering menggonta-ganti Voer dan menunda mengganti voer ketika burung sedang berada pada masa mabung.
Demikianlah beberapa cara memilih voer yang baik yang bisa menjadi pertimbangan.
Semoga bermanfaat, terima kasih.

Komentar