Solusi Mengatasi Lovebird Gesek Tangkringan

Kita pasti galau melihat perilaku lovebird yang suka gesek tangkringan (gestang). Tak mudah untuk mengembalikan kondisinya, apalagi kalau hal ini menjadi kebiasaan burung. Namun kita dapat mengurangi atau mungkin mengatasinya dengan melakukan beberapa perawatan rutin dan teratur. Masalah gesek tangkringan umumnya dialami oleh burung jantan, namun tidak menutup kemungkinan dialami juga oleh lovebird betina. Ada yang menganggap gestang sebagai perilaku buruk, karena mengurangi penampilannya dan menghambat produktivitas burung dalam hal ini untuk penangkaran dan performa burung untuk lomba.
Lovebird yang suka gestang tidak bisa tampil maksimal, meski burung sudah rajin ngekek dan ada burung yang menolak mengawini burung pasangannya.
Untuk mengurangi atau menghilangkan perilaku lovebird gesek tangkringan, berikut ini beberapa solusinya:

  1. Ganti sangkar yang digunakan, lovebird yang suka gesek tangkringan bisa dipindah ke sangkar soliter yang diletakkan jauh dari lovebird-lovebird lainnya. Dalam sangkar tersebut tidak dipasangi tangkringan, atau pasang tangkringan melebar seperti penggaris dengan lebar 5 - 8cm. Hal ini dilakukan untuk meredam keinginannya “mengawini” tangkringan.
  2. Pindahkan lovebird ke kandang umbaran. Kandang umbaran digunakan sebagai pengganti sangkar harian selama beberapa jam setiap hari yang dimulai sejak pagi hingga sore hari. Untuk memenuhi kebutuhannya, kandang umbaran dilengkapi dengan cepuk pakan dan cepuk minum. Jangan lupa pasang juga tangkingan dengan bentuk seperti penggaris. 
  3. Mandikan burung lovebird hingga basah kuyup. Burung dapat dimandikan sesuai dengan kebiasaan atau settingan lovebird kita bisa dengan semprotan khusus atau dengan memandikan burung sambil dipegang. Pada kondisi ini, lovebird dipegang. Lakukan hal tersebut secara rutin, karena bisa membantu meredam birahinya. Yang perlu diperhatikan disini kita tak perlu menjemur burung. Apabila selama proses ini burung terpantau gestang anda dapat langsung menyemprot burung sedikit hanya untuk membasahi saja. 
  4. Memberikan pakan yang sesuai bisa membantu mengatasi / mengurangi perilaku gesek tangkringan pada lovebird. Selama masa terapi, lovebird cukup diberikan milet putih saja dan tidak perlu pakan tambahan lainnya.
  5. Pada berbagai kasus gesek tangkringan terjadi karena kita terlambat dalam menjodohkan lovebird sendiri, dan ini bisa menjadi parah ketika gesek tangkringan sudah menjadi sarana pelampiasan si burung. Untuk itu pencegahannya adalah dengan menjodohkan burung pada usia yang tepat. Atau ketika kita menjumpai burung kita gesek tangkringan segeralah carikan jodohnya. Demikian juga ketika burung sudah berkurang perilaku gesek tangkringannya segera lakukan perjodohan burung, hal mengenai cara menjodohkan lovebird sudah saya sebelumnya.

Demikianlah beberapa tips mengatasi burung lovebird gesek tangkringan. Pencegahan secara dini sangat perlu dan juga disertai perawatan dan pemeliharaan teratur akan mengurangi atau mengatasi masalah tersebut. Semoga sukses selalu sahabat ayah

Komentar