Kandang Umbaran Untuk Burung


Kandang Umbaran? Hal yang sangat terbiasa didengan oleh para pecinta burung atau yang lazim disebut kicau mania. Disebut kandang karena sangkar burung ini dibuat dalam bentuk yang besar. Adapun mereka yang kerap menggunakan sangkar jenis ini adalah mereka yang benar-benar menyukai burung untuk tujuan lomba dan perawatan yang intensif agar burung semakin rajin berkicau, tapi itu semua adalah bonus tujuan utamanya adalah burung yang sehat. Berbagai tujuan dan manfaatnya akan kami ungkap melalui tulisan ini.

Kandang Umbaran ini biasanya dibuat memanjang dengan panjang disesuaikan dengan jenis burung, biasanya dibuat dengan panjang sekitar 2 meter. Kandang Umbaran burung ini bisa dibuat dengan desain dengan model knock down, sehingga kandang bisa dibongkar dan dipasang sewaktu waktu. Untuk yang memiliki area/lahan yang luas mungkin tidak masalah memiliki sangkar umbaran permanen.
Tujuan Mengumbar
Burung dimasukkan dalam sangkar umbaran dengan tujuan agar burung menjadi lebih sehat karena bisa terbang kesana kemari dengan leluasa karena berada dalam sangkar yang besar, dengan terbang dalam jarak yang agak jauh tentu saja sistem pernafasan burung menjadi lebih terbuka dan kuat. Sayap yang dikepakkan dengan kuat akan memperkuat otot-otot tubuhnya. Dalam situasi tertentu bisa digunakan untuk relaksasi dan refreshing burung habis lomba.
Manfaat yang bisa diperoleh dari mengumbar burung dalam kandang umbaran dalah mendapatkan burung yang sehat, burung menjadi lebih singset dan langsing karena lemak di dalam tubuhnya akan terkuras dengan sering dan giat berolahraga. Burung yang sehat selanjutnya akan berdampak kicauan burung tersebut. Kandang Umbaran juga punya manfaat untuk terapi agar burung merasa lebih bebas dan relaks.

Cara Menggunakan Kandang Umbara
Kandang diletakkan ditempat terbuka agar terterpa sinar matahari. Sebaiknya dilakukan di pag atau sore hari. Hal ini bisa dilakukan bersamaan dengan memandikan burung. Burung yang akan dimasukan adalah burung yang telah jinak, sehingga akan lebih mudah dalam memasukkan dan mengambil kembali. Burung dimasukkan ke dalam kandang umbaran dengan cara membuka pintu sangkar harian yang dihadapkan dan saling menempel dengan kandang umbaran yang terbuka juga, usir burung dari sangkar harian atau pancing dengan makanan agar burung mau masuk kandang umbaran. Dalam kandang umbaran berikan air minum dan bak air buat mandi, selain itu berikan juga bak berisi pasir agar burung bisa bermain dengan pasir tersebut yang disebut dengan mandi pasir atau biasa disebut kipuh.

Selama di umbar burung tidak usah diberi makanan, namun ditungguin karena mengumbar hanya butuh waktu 2-3 jam.
Berikan tempat tenggeran pada masing-masing sudut agar burung bisa terbang ke kanan dan ke kiri. Pada awal diumbar burung mungkin bingung dan tak mau terbang, untuk itu kita juga dapat menerapkan terapi usir agar burung mau terbang, yaitu dengan memukul kendang dari satu bagian dan pindah ke bagian lain secara bergantian.
Lamanya pengumbaran tergantung kebiasaan atau setting burung masing-masin. Ada juga kicau mania yang mengumbar seharian selama 5 hari dari hari senin sampai kamis dan di malam hari burung tetap dimakuan dalam sangkar harian. Ketika kita mengumbar burung lebih dari 3 jam dalam kandang umbaran juga harus disediakan makanan yang cukup agar burung tetap fit untuk terbang dan berkicau.
Setelah waktu pengumbaran selesai, siapkan sangkar harian yang telah diberi makanan kemudian buka pintu kedua sangkar dan buat saling berhadapan dan menempel, pancing burung dengan pakan yang disukai. Agar mau pindah ke sangkar harian, bila tidak mau pindah burung dapat diusir dengan memukul sangkar menggunakan kain, setelah burung masuk ke dalam sangkar burung angin-anginkan sekitar 30  menit atau lebih barulah dikerodong.
Demikian sahabat ayah manfaat kandang umbaran, selamat mencoba.
Terima kasih.

Komentar