Cara Mudah Mengatasi Lovebird Ngeruji

Seringkali kita mengalami hal-hal yang kurang mengenakkan ketika kita menggantang lovebird kita seperti burung yang ngeruji. Ngeruji ialah merupakan suatu keadaan dimana lovebird malas atau tidak mau bertengger pada tangkringan yang disediakan dan lebih suka berdiam di sekitar dinding kandang atau jeruji sangkarnya. Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal yaitu umur yang masih muda (dibawah 6 bulan), over birahi dan juga sudah terbiasa di dalam sangkar. Namun over birahilah yang paling sering menyebabkan lovebird ngruji. Kali ini akan kita bahas mengenai cara tepat mengatasi dan juga meminimalisir burung lovebird yang sedang ngeruji. Mengatasi lovebird ngeruji yang baik dan mudah untuk dilakukan oleh para pemula adalah sebagai berikut :

  1. Untuk sementara hentikan pemberian pakan tambahan, berikan pakan milet putih selama 1-2 minggu. Setelah itu mulai memberinya jagung (dalam porsi yang sedikit, sekali dalam seminggu. 
  2. Mandikan lovebird setiap pagi dan sore sampai basah kuyup, kemudian angin-anginkan dan jangan dijemur.
  3. Setelah rutin dimandikan pagi dan sore selama 2 minggu dan diangin anginkan, selanjutnya lovebird boleh dijemur, setelah diangin-anginkannya terlebih dahulu dan bulu agak kering. 
  4. Penjemuran maksimal 15 menit sehari sebelum jam 8 pagi.
  5. Berilah EF berupa mentimun.
  6. Untuk siang hari lovebird tidak perlu dikerondong, anda dapat menaruh burung di tempat yang nyaman, namun jangan sampai melihat burung sejenis disekitarnya.
  7. Untuk mandi sore usahakan jangan terlalu basah, lalu angin-anginkan selama 5 menit dan selanjutnya bisa dikerondong.
  8. Pada saat sedang istirahat malam, burung jangan didekatkan dengan burung masteran atau sesama kovebird agar pemulihannya lebih cepat lagi.
  9. Pilih tangkringan yang nyaman usahakan tidak menggunakan tangkringan plastik.


Selamat mencoba sahabat ayah semua
Terima kasih

Komentar