TIPS MENDONGENG MUDAH

Selamat malam para ayah.
         Mendongeng itu mudah, mungkin itu berlaku bagi orang-orang tua kita dulu, tapi coba kita lihat mereka (orang tua kita) yang diceritakan mereka adalah cerita yang itu-itu aja. Di sini kita akan membahas cara-cara yang mudah bagi orang tua untuk mendongeng dengan cerita yang bebeda.
         Anak sebenarnya tidak meminta isi cerita yang berbobot dan sarat makna, karena rata-rata usia anak yang penerima dongeng adalah mereka rata-rata usia balita, dimana mereka lebih mementingkan ketokohan dari pada isi dari dongeng itu sendiri. kebanyakan tokoh yang mereka ketahui adalah tokoh-tokoh kartun yang di televisi kita karena begitulah perkembangan zaman. mungkin dari anak kita ada yang meminta untuk mendingeng tokoh-tokoh seperti Thomas and Friends, Tayo Bus, Upin Ipin atau bahkan Bang Jarwo. Kita sebagai orang tua tidak mungkin menyediakan waktu hanya untuk mencari figur dari ketokohan dari tokoh yang kita dongengkan, untuk itu kita sempatkan waktu untuk menemani anak kita dalam bermain. Dan berikut ini akan kita sajikan berbagai macam tips-tips untuk mendongeng:
  1. Kesiapan kita dalam mendongeng, yang perlu kita siapkan adalah bagaimana kita menyiapkan materi dan itu bisa kita peroleh dari menemani anak-anak kita bermain di waktu libur kita. 
  2. Cerita, Masalah cerita kadang sering membuat kita seperti kalah sebelum bertanding, tapi ketahui masalah cerita bisa kita dapatkan dari kehidupan kita sehari-hari, sebab anak-anak belum waktunya mendapat cerita yang berat seperti cerita sinetron tivi. Untuk menutup kekurangan materi dari cerita kita bisa menampilkan berbagai tokoh yang sudah familier bukan tokoh yang seolah-olah dipaksakan. Cerita sederhana seperti berangkat sekolah, bermain bola, lari-lari, hujan-hujanan adalah salah satu cerita yang dapat kita ceritakan ke anak kita.
  3. Tokoh Cerita, Tokoh adalah figur sentral dari sebuah dongeng, anak akan lebih bersemangat dengan dongeng tentang Ultraman, Upin Ipin, Bang Jarwo dari pada tokoh-tokoh Pahlawan atau cerita kancil. Namun kita bisa melakukan mix dari tokoh-tokoh tersebut sesuai permintaan si anak. 
  4. Yang perlu diingat dalam mendongeng, imajinasi anak tidak terbatas jadi kita tidak perlu patron yang baku seperti dalam mendalang wayang kulit. Sehingga kita bisa mendongeng sesuka kita tapi tetap harus diselipkan nilai-nilai sederhana dalam cerita kita
  5. Komunikasi sebelum mendongeng. Komunikasi ini perlu untuk mengetahui apa yang diinginkan anak kita dalam mendongeng sehingga anak dapat kenyamanan dari cerita dongeng kita dan tercipta kedekatan emosi dengan buah hati kita
Demikian sekilas tentang tips-tips mendongeng untuk buah hati kita, selamat mencoba sahabat Ayah Afan

Komentar