TIPS MAKANAN SEHAT UNTUK TERNAK LOVEBIRD

Beternak burung loveird memang sedang ngetrend akhir-akhir ini, tapi ada sebagian dari kita yang mengalami burung kita yang bertelor tapi tidak dapat menetas. hal tersebut bisa terjadi karena beberapa hal :
1. Faktor Burung.
    burung dapat mengalami stress dapat dilihat dari perubahan sifat burung yang tidak mau mengerami, menjadi agresif atau bahkan sampai memakan telor atau membantai anakan.Untuk itu kita harus menjaga supaya burung kita tidak mengalami stress.
2. Faktor Lingkungan.
  Faktor lingkungan ini bisa berupa lingkungan sekitar kandang yang antara lain suhu, kelembaban udara sekitar kandang, ketenangan lingkungan sekitar kandang, kebersihan kandang dan perlakuan pemilik burung terhadap burung dan kandang sendiri. Kandang juga perlu diperhatikan juga terutama ketika kita memakai kandang sistem koloni, sebisa mungkin tidak dicampur dengan burung yang cenderung agresif dan mengganggu ketenangan burung lain.
3, Faktor Makanan.
     Makanan memegang faktor penting karena ini merupakan asupan kebutuhan gizi terhadap burung maupun telor. Sekarang banyak beredar di pasaran pakang menarikn burung untuk ternak yang praktis dan tersedia dalam kemasan yang menarik, namun yang perlu diperhatikan adalah komposisinya dimana pakan tersebut harus megandung unsur gizi yang mencukupi kebutuhan gizi burung ternak.Selain pakan tersebut kita juga dapat membuat racikan sendiri pakan untuk burung lovbird kesayangan kita.berikut ini racikan dari Mr Afan untuk pakan burung lovebird ternak kita:
  1. 1 Kg milet putih
  2. 500 gram canary seed
  3. 300 gram miet merah
  4. 100 gram biji bunga matahari
  5. 100 gram niger seed. 
Selain pakan tersebut di atas kita juga dapat menambahkan pakan tambahan atau yang sering dikenal istilah sebagai extra food, extra food ini dapat berupa campuran kangkung, jagung muda, wortel, kecambah/tauge. Selain itu kita juga dapat menambahkan pakan ekstra berupa kulit kerang yang di hancurkan/atau kilit sontong, atau bisa dapatkan dipasaran top grit. Pakan tambahan tersebut dapat diberikan 2 kali sehari dengan takaran secukupnya.
Perlu diingat pakan tambahan tersebut diberikan pada burung siap bertelor sampai dengan dimulai masa pengeraman.
Pada masa pengeraman pakan juga harus diperhatikan karena jangan sampai burung over birahi karena komposisi pakan di atas memicu burung untuk menjadi birahi. pada masa tersebut burung cukup diberikan pakan milet putih dan canary seed dengan perbandingan 10:1.
Selain hal tersebut daat juga ditambahkan vitamin untuk burung ternak, namun itu sifatnya tidaklah mutlak, karena yang terpenting kecukupan kandungan gizi dan lebih baik adalah bahan-bahan yang sifatnya alami,
selamat mencoba semoga ternak love bird anda dapat berkembang.

Komentar