MENJINAKAN BURUNG LOVEBIRD

Selamat malam sobat ayah sekalian
       Mungkin sebagian dari kita merasa kebingungan ketika lovebird kesayangan kita terlalu liar atau giras. Tidak usah khawatir karena itu pertanda burung kita sehat. Liarnya lovebird tersebut sering kita dapati ketika kita baru membeli burung muda. Burung muda yang giras itu terjadi krn kurangnya kontak langsung dengan manusia, lovebird hasil ternak dengan sistem koloni, lovebird yang diloloh oleh indukan, atau burung diloloh oleh peternak ketika proses pengentasan dari glodog/sarang terlambat.
         Ketika kita memperoleh burung bahan seringkali burung agak liar karena kurangnya adaptasi dengan si pemilik. Maka untuk menjinakkannya perlu sesering mungkin si pemilik berinterkasi langsung dengan lovebirdnya. Tips-tips menjinakkan lovebird akan kita bagi menjadi perawatan ketika mendapatkan burung baru dan perawatan harian menjinakkan lovebird. Berikut ini kita bahas mengenai perawatan ketika mendapatkan burung baru:

  1. Ketika burung baru datang ke rumah kita usahakan langsung kita kerodong sangkarnya, agar burung merasa nyaman dan tidak kaget dengan lingkungan baru.
  2. Setelah kurang lebih 12 jam, kita buka krodong dan mandikan burung tipis-tipis tidak perlu sampai basah kuyup.
  3. Angin-anginkan burung ditempat yang teduh, setelah kering kita kerodong kembali.
  4. Setelah itu bila perlu dengan dimaster audio teraphi lovebird baik denfan suara yang alami maupun melalui perangkat audio kita.
  5. Keesokan harinya baru kita perlakukan lovebird seperti perawatan harian maupun perawatan untuk lomba (akan kita bahas kemudian).
         Demikian perawatan ketika kita baru mendapatkan lovebird baru, kemudian akan kita bahas tips-tips perawatan harian menjinakkan lovebird :
  1. Mandi dan jemur. Burung yang sehat adalah burung yang bersih dan kuat. Mandi rutin tiap pagi dan sore bila perlu malam hari, setelah mandi kita angin-anginkan di tempat yang teduh. Setelah agak kering baru kita jemur kurang lebih 15-30 menit. Waktu yang baik untuk menjemur adalah jam 7 s/d 9 pagi dan sore jam 16 sampai matahari tenggelam. Sebaiknya mandi dan jemur dilakukan dibawah atau sangkar tidak digantung.
  2. Interaksi dengan manusia. Membiasakan burung berinterkasi dengan manusia dapat menjinakkan dan juga melatih mental burung sendiri. Tapi yang harus diperhatikan adalah kondisi psikis burung, diusahakan jangan terlalu frontal dan ekstrim sehingga membuat burung stress. Pengenalan dengan manusia dilakukan secara bertahap minimal ketika burung kita mandikan dan jemur.
  3. Umbaran. Umbaran tidak membuat burung kita menjadi liar. Mengumbar burung akan menyehatkan burung dan menjadikan burung menjadi jinak. Ini dapat dilakukan dengan cara, melepas burung dalam sebuah ruangan kosong yang tertutup supaya lovebird tidak kabur. Biarkan lovebird terbang sesuka hatinya, dalam proses ini burung perlu ditunggu. Lakukan umbaran berulang maksimal 1 kali sehari. Biarkan burung terbang apabila burung turun di lantai pelan2 kita datangi sampai burung mau hinggap dan kita pegang. Setelah diumbar masukan kembali ke dalam sangkar dan umbar lagi keesokkan harinya. Setelah burung jinak lakukan juga umbaran maksimal 3 kali seminggu
  4. Nutrisi yang cukup. Dengan nutrisi yang cukup kita dapat mengetahui keadaan sebenarnya dr burung kita. Karena kurangnya nutrisi menyebabkan burung kita lemas sehingga tampak jinak. 
  5. Selamat mencoba

Komentar